Tips Trik Microsoft Word lainnya


Trik Membuat Daftar Pustaka
Menurut kaidah penulisan, jika kita mengutip beberapa kalimat atau paragraf dari sumber bacaan lain ke dalam dokumen yang kita tulis, maka kita harus mencantumkan sumbernya.
Sumber bacaan tersebut biasa ditempatkan dihalaman bagian belakang suatu dokumen yang sering disebut sebagai daftar pustaka.
Pada posting terdahulu telah dijelaskan tentang Membuat Sumber Kutipan, Nah sekarang kita akan membuat Daftar Pustaka dari sumber kutipan yang kita buat.
Pembuatan Daftar Pustaka tersebut dapat dilakukan dengan cepat caranya:
1. Aktifkan ribbon References. Pada grup Citation & Bibliography, pilih Insert Bibliography

2. Daftar pustaka yang dimunculkan adalah semua sumber kutipan yang telah kita buat sebelumnya pada dokumen, sehingga kita tidak perlu menuliskan kembali.


Tampilan Full Screen Pada Word

Pada Aplikasi Microsoft Word Anda dapat bekerja dengan model tampilan Full-Screen atau tampilan satu layar penuh tanpa adanya Ribbon ataupun aksesori lainnya sehingga Anda dapat melihat dengan jelas dan leluasa apalagi jika layar monitor yang digunakan mungkin masih kecil.
Pada aplikasi Microsoft Word, untuk menggunakan tampilan Full-Screen sekaligus melakukan penyuntingan isi dokumen maka Anda dapat menggunakan beberapa pilihan menu yaitu:
Pertama:
1. Menggunakan menu ribbon View 
2. Klik Full Screen Reading.



3. Untuk mengembalikan dapat meng-klik Close pada sudut kanan atas tampilan.
Kedua:
1. Menggunakan kombinasi tombol keyboard shortcut Alt+V+U. (menekan Alt danV secara bersamaan lalu dilepas dan kemudian tekan huruf U).
Maka hasil tampilannya dapat full screen tapa ada menu ribbon lainnya.
2. Untuk mengembalikan dapat menekan tombol Esc.
Pada mode tampilan ini, Anda bahkan dapat mengatur Zoom untuk memperbesar atau memperkecil tampilan halaman atau menampilkan beberapa halaman sekaligus. Yaitu dengan menahan tombol Ctrl pada keyboard lalu menggeser scroller mouse keatas / kebawah.
Ketiga:
Selain menggunakan tombol shortcut Anda juga dapat menambahkan perintah Full-Screen ini pada Quick Access toolbar, caranya sebagai berikut.

Pada Word 2007
1. Klik Office Button lalu klik Word Options.
2. Pada kotak dialog yang tampil, di bagian kiri klik pada pilihan Customize.
3. Lalu pada bagian Choose Commands From pilih All Commands.
4. Pada daftar pilihan dibawahnya klik pada pilihan Toggle Full Screen View lalu klik tombol Add.



5. Klik tombol OK.

Hasilnya tombol perintah Toggle Full Screen View telah ditambahkan pada 
Quick Access toolbar.


Pada Word 2014
1. Klik ribbon File lalu klik Options,
2. Lalu klik menu Quick Access Toolbar.


3. Lalu pada bagian Choose Commands From pilih All Commands.
4. Pada daftar pilihan dibawahnya klik pada pilihan Toggle Full Screen View lalu klik tombol Add.

Dan hasilnya tampak pada gambar berikut ini.


Untuk menggunakan Anda dapat mengklik menu Quick Access Toolbar dan untuk menutupnya dapat menekan tombol Esc pada keyboard


Print Dokumen Pada Word 2014

Kelebihan fitur dari Office Word 2014 dibanding dengan versi Word sebelumnya adalah fitur antar muka Print yang menampilkan Preview dokumen sekaligus pengaturannya sebelum di cetak.

Pada MS Word 2014 print priview langsung terlihat pada bagian kanan jendela terintegrasi pada menu Print, sehingga dengan tampian ini Anda dapat mengatur menu printer sekaligusAnda dapat melihat perubahan tampilan dokumen jika Anda mencetak.

Jika ingin melalui jalan pintas atau shortcut gunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+F2 atau Ctrl+P, jika melalui menu Anda dapat melakukannya dengan klik File lalu Print.

Setelah melakukan pilihan diatas, maka terdapat beberapa pengaturan yang dapat digunakan untuk mengatur proses pencetakan.

Pengaturan tersebut (sesuai nomor gambar diatas) adalah:
1. Print, untuk melakukan proses pencetakan.
2. Copies:, untuk menentukan jumlah salinan halaman yang akan dicetak.
3. Printer, untuk memilih jenis mesin pencetak (printer) yang akan digunakan pada komputer yang terinstall.
4. Printer Properties, untuk mengatur setting printer, termasuk kecerahan, black and white, jika menggunakan printer warna, (tidak semua jenis printer mempunyai setting yang sama dalam mengaturan ini).
5. Print All Pages, untuk menentukan halaman mana saja akan dicetak. Ketika memilih perintah ini, maka akan tampil beberapa pilihan lainnya, seperti:
• Print All Pages untuk mencetak semua halaman pada dokumen aktif.
• Print Selection untuk mencetak bagian/teks terpilih saja.
• Print Current Page untuk mencetak halaman yang sedang aktif dimana kursor berada.
• Print Custom Range untuk mencetak halaman yang memiliki kriteria spesifik.
6. Print One Sided, untuk menentukan sisi halaman yang akan dicetak apakah Print One Sided untuk mencetak hanya di satu sisi halaman, atau Manually Print on Both Sides untuk mencetak di dua sisi halaman secara manual.
7. Collated, untuk mengatur urutan pencetakan dokumen, yaitu Collated untuk mencetak urutan 1, 2, dan 3 atau Uncollated untuk mencetak dengan urutan 1, 1, 1 dan selanjutnya halaman 2, 2, 2 dan seterusnya.
8. Potrait Orientation, untuk mengatur orientasi pencetakan (Potrait atau vertikal dan Lanscape atau secara horizontal)
9. A4 21 cm x 29,7 cm, untuk menentukan ukuran kertas yang dipakai untuk mencetak.
10. Custom Margins atau normal margins, untuk mengatur batas margin/batas pencetakan
11. 1 Pages Per Sheet, untuk mengatur jumlah pencetakan di dalam satu halaman.
12. Page Setup, untuk mengatur margin secara keseluruhan melalui tampilan klasik meliputi: Margin, Paper dan Layout
Jika semua bagian diatas telah sesuai dengan keinginan dan format yang sesuai, kemudian Anda tinggal klik tombol Print pada nomor 1 untuk melakukan proses mencetak.


Menyisipkan Objek Clip Art Pada Word 2014

Ketika bekerja dengan sebuah naskah atau dokumen di Ms. Word 2014 terkadang Anda akan memerlukan tambahan objek pendukung agar naskah atau dokumen lebih menarik.
Pendukung naskah yang dimaksudkan mungkin saja diagram/grafik, equation, gambar atau Clip Art. Dalam Ms. Word 2014 kemampuan untuk menyisipkan objek semakin menarik dengan hadirnya fitur-fitur baru diantaranya Clip Art.
Objek Clip Art adalah objek dasar yang telah disediakan oleh Ms. Word yang dapat Anda sisipkan dalam dokumen.
Langkah-langkah untuk menyisipkan objek Clip Art adalah:
1. Pilih tab ribbon Insert lalu pada grup Illustrations pilih Clip Art untuk membuka jendela taks pane Clip Art


2. Apabila dalam kotak daftar tidak terdapat pilihan objek gambar yang diingin disisipkan, maka klik tombol Go untuk menampilkan objek-objek gambar tersebut.
 3. Pilih salah satu objek gambar dalam kotak daftar objek dan perhatikan bahwa objek yang terpilih langsung disisipkan ke dalam dokumen.


4. Apabila objek gambar dalam kondisi terpilih, maka akan tampil titik handle untuk mengatur ukuran objek.


5. Untuk mengatur posisi objek pada teks dapat dipilih dengan klik kanan lalu pilihWrap Text, Anda dapat melihat sendiri perubahan pada objek pada paragraf dokumen yang ada.

Selamat mencoba...



Menyimpan Gambar Dalam Quick Parts di Word 2007

Mungkin anda sering memasukkan gambar yang sama setiap kali bekerja. Misalnya gambar logo perusahaan, instansi atau sekolah/kampus. Jika Anda tidak mau terus repot untuk memasukkan gambar melalui Insert => Picture, ada cara yang lebih praktis, yaitu menggunakan fitur Quick Parts

Caranya:
1. Buka halaman Microsoft Office Word 2007.
2. Seleksi gambar atau logo yang akan disimpan. Misalnya disini dicontohkan logo Firefox


3. Aktifkan ribbon Insert. Pada grup Text, pilih Quick Parts lalu Save Selection to Party Gallery.


4. Pada kotak dialog Creat New Building Block yang muncul, ketikan nama gambar pada kolom Name.


5. Kemudian pastikan dibagian Galery terpilih opsi Quick Parts.
6. Setelah itu klik Ok.
7. Selanjutnya, untuk menggunakannya Anda tinggal klik Quick Parts pada grupText di ribbon Insert



8. Lalu pilih gambar atau logo yang telah disimpan sebelumnya. Makan gambar atau logo yang anda pilih akan langsung keluar pada dokumen Anda, sehingga dimasa mendatang jika Anda ingin menggunakan gambar itu lagi tinggal mengambil gambar tersebut di Quick Parts.
Menonaktifkan Format Hiperlink Pada Word

Dalam penulisan alamat e-mail atau situs di dokumen Word, maka Word secara otomatis akan memberikan link atau format khusus berupa warna yang berbeda (biasanya teks warna biru) serta menambahkan garis dibawahnya.

Suatu alamat web atau alamat email pada aplikasi Word termasuk kedalam kategori Hyperlink. Tujuannya adalah untuk membedakan hyperlink tersebut dari teks yang lainnya. Selain itu Word juga memberikan kemudahan bagi kita untuk langsung membuka hyperlink tersebut dengan melakukan penekanan tombol Ctrl + klik mouse pada hyperlink tersebut.

Jika hyperlink berupa alamat web maka internet browser akan langsung terbuka dan jika hyperlink berupa alamat email maka email-client yang akan terbuka.

Namun jika dokumen akan di cetak, kadang format Hyperlink ini justru terasa mengganggu, terutama jika printer yang digunakan adalah printer yang hanya menggunakan tinta hitam. Warna biru akan berubah menjadi warna keabu-abuan yang terlihat kurang begitu jelas saat dicetak.

Cara menonaktifkan format Hyperlink agar tidak muncul saat pengetikan alat email atau situs adalah:

1. Klik ribbon File lalu pilih Options pada Word 2014 atau Klik Office Button lalu Word Options pada Word 2007.


2. Lalu pada opsi Proofing pilih AutoCorrect Options…


3. Setelah itu pilih opsi AutoFormat As You Type lalu hilangkan tanda ceklist pada opsi internet and network paths with hyperlinks lalu klik Ok, maka Word tidak akan secara otomatis membuat hyperlink.


Jika Anda meng-copy sebuah halaman web lalu didalamnya ada alamat web atau sebuah link, agar link-nya hilang caranya cukup dengan klik kanan pada Hyperlink tersebut lalu pada menu yang muncul pilih Remove Hyperlink, maka link akan hilang.

Mengunci Form Isian Dengan Developer Pada Word

Pada aplikasi Microsoft Word baik yang versi 2007 maupun 2014, telah dicontohkan cara membuat form isian dengan bantuan ribbon Developer.

Form isian yang telah Anda buat dapat Anda proteksi sehingga pengguna form tersebut hanya akan mengisi pilihan yang Anda anjurkan, dan tidak akan mengubah, mengedit atau menghapus data lain yang telah dibuat.
Cara memproteksi Form Isian tersebut adalah:
Setelah data Form isian selesai dibuat langkah berikutnya
Klik Restrict Editing pada ribbon Developer,




Pada Panel disebelah kanan di Restrict Foormating and Editing, langkah ke 1: ceklist pada Limit formating to a selection of styles, langkah ke 2 ceklist padaAllow only this type of editing in the document.

Pada isian yang muncul klik Filling in forms, pada langkah ke 3 klik Yes, Start Enforcing Protection


Pada form yang muncul ketik Password yang diminta, lalu Ok



Sampai disini dokumen Anda yang berisikan data Form Isian telah selesai digunakan, yang dapat mengedit dokumen hanya yang memiliki paswword yang diisikan.

Mengulang Judul Tabel Pada Word 2007


Saat menggunakan tabel dalam membuat naskah di Microsoft Office Word 2007 sering tabel tersebut lebih dari satu halaman. Sementara judul yang dipakai masih seperti halaman pertama yang dibuat. Sebagian orang selalu membuat lagi judul tabel tersebut di halaman berikutnya.
Untuk mengaktifkan judul tabel pada halaman berikutnya pada Word, Anda tidak perlu membuat lagi judul dengan membuat yang baru lagi.
Caranya adalah:
1. Buatlah tabel hingga dua halaman atau lebih.

2. Lalu buatlah judul pada baris pertama tabel anda.
3. Kemudian pilih baris atau baris judul, seleksi harus menyertakan baris pertama dari tabel.


4. Lalu pada table tools pilih, pilih layout setelah itu klik Heading Rows Repeat.


5. Microsoft Word secara otomatis mengulang judul tabel pada halaman baru yang merupakan hasil dari jeda halaman otomatis.


Word tidak mengulangi judul baris pertama jika Anda menyisipkan page break manual di naskah.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Apycom jQuery Menus