Tips Trik Microsoft Excel lainnya


Trik Mengcopy Table di Web Kedalam Excel
Sering kita menjumpai sebuah tabel pada sebuah situs atau blog yang isinya ingin kita ambil dan akan dipindahkan pada program aplikasi lain misalnya Excel.
Nah pada saat memindahkan pada aplikasi Excel data yang kita paste kadang menjadi berantakan atau tidak sesuai lagi dengan halaman web yang kita lihat.
Adapun cara memindahkannya agar tetap menjadi sebuah table adalah:
1. Buka halaman web atau situs yang mempunyai tabel data



2. Lalu blog data tabel tersebut dan klik kanan lalu pilih copy.
3. Kemudian buka aplikasi Excel
4. Lalu pastekan pada lembar kerja dengan cara paste special lalu ambil text,



5. Maka hasil yang kita copy dari situs tersebut tetap menjadi data table.


Selamat Mencoba...!!

Pergerakan Sel Saat Input Data Pada Excel 2014
Ketika kita memasukan data kedalam sel, sebagian besar pengguna Excel akan menekan Enter untuk berpindah pada sel yang berada dibawahnya. Jadi setelah ditekan Enter maka pergerakan sel menuju ke bawah sel yang sedang aktif atau searah kolom.
Ada cara agar ketika menekan tombol Enter, perpindahan sel yang aktif akan menuju ke sebelah kanan sel atau searah baris.
Cara untuk mengaktifkan fitur ini dalam Excel 2014 adalah:
1. Klik Ribbon File lalu klik Options (pada Excel 2007, klik menu Office Buttonlalu Excel Options)



2. Selanjutnya klik menu Advanced disebelah kiri. Pada halaman Advanced, lihat pada After pressing Enter, move selection.. lalu pada bagian Direction, tentukan arah perpindahan kursor, akhiri dengan menekan OK.


3. Sekarang, saat Anda menekan Enter maka arah perpindahan kursor akan mengikuti aturan yang telah dibuat.
Menyimpan dan Membuka File Excel 2014 Dengan Cepat

Jika Anda mempunyai file Excel yang berisikan data yang sangat kompleks dan banyak, sehingga kadang ketika dibuka menjadi lebih lambat, maka sebaiknya disimpan dalam file Excel Binary.
Biasanya Excel menyimpan file workbook dengan format standar yaitu Excel Workbook (.xlsx) dan Excel Macro Enabled Workbook (.xlsm), tetapi pada Excel versi 2010 mengalami kemajuan dalam pembacaan dan penulisan format yaitu xml.
Akan tetapi bila workbook Anda memiliki area kerja yang besar (kompleks) dan banyak menggunakan data serta rumus-rumus maka pemilihan standar file format biasa akan membuat penyimpanan dan penulisan file menjadi sedikit lebih lama.
Oleh karena itu untuk lebih mempercepat dan mempermudah Excel melakukan penyimpanan dan penulisan ke file tersebut digunakan format Excel Binary Workbook.
Untuk menyimpanan dan membuka workbook dengan cepat, langkahnya adalah:
Buka file Excel yang memiliki data yang banyak dan menggunakan rumus yang rumit.
Kemudian klik ribbon File, lalu klik Save As maka akan muncul kotak dialog Save As




Lalu pada Save As Type ganti dengan Excel Binary Workbook (.xlsb)


Kemudian klik tombol Save, Excel akan menyimpan dalam file dengan format binary.


Maka setelah langkah diatas selesai, file yang Anda simpan akan dapat dengan mudah terbuka.
 Selamat mencoba...




Menyimpan Beberapa File Excel dengan Workspace
Fasilitas Workspace memungkinkan Anda yang terbiasa membuka beberapa workbook sekaligus dalam pekerjaan Anda dapat membukanya denga membuka workspacenya.
Pekerjaan ini dapat dilakukan tanpa harus berulang kali mencari dan membuka file-file tersebut. Secara fisik workspace adalah sebuah file yang memuat link file-file yang Anda simpan dalam satu workspace.
Sewaktu Anda membuka sebuah workspace maka yang terjadi adalah Excel membuka secara otomatis file-file yang ada dalam workspace tersebut.
Workspace ini berguna sekali sewaktu Anda sedang memerlukan beberapa file Excel yang saling berhubungan dan saling link antara satu file dengan file lainnya.
Cara menyimpan workbook Anda dalam workspace adalah:
Siapkan workbook-workbook yang Anda perlukan untuk disimpan menjadi satu workspace.

Lalu klik View dan klik Save Workspace.


Maka akan muncul kotak dialog Save Workspace
Pilihlah tempat dimana Anda ingin menyimpan file tersebut



Setel itu tentukan nama file yang Anda inginkan pada kotak File Name
Klik tombol Save, (ekstensi file workspace adalah .xlw)
Perbedaan file biasa yang berekstensi xlsx dan file workspace yang berekstensi .xlw dapat Anda lihat pada gambar berikut



Menuliskan Bilangan Pecahan di Excel

Saat bekerja dengan Microsof Office Excel, praktis sebagian besar yang dikerjakan adalah berupa angka-angka. Angka-angka yang dimasukkan bisa berupa bilangan bulat, desimal maupun bilangan pecahan. Untuk memasukkan bilangan bulat dan bilangan decimal tentunya sudah tidak lagi menjadi masalah karena bisa langsung diketik didalam sel.
Namun berbeda halnya dengan mengetik angka atau bilangan pecahan seperti1/2, 1/4, 12/56, 34/112, dan seterusnya. Ketika angka atau bilangan pecahan tersebut diketik didalam cel maka yang muncul bukannya bilangan pecahan, namun berubah menjadi format tanggal.
Sebagai contoh dapat dilihat gambar dibawah ini. Bandingkan antara kolom yang belum diatur dengan yang sudah diatur untuk diketik angka pecahan.



Langkah membuatnya:
1. Blok atau seleksi sel, baris atau kolom yang akan di ketik bilangan pecahan.
2. Tekan Ctrl + 1 pada keyboard untuk memunculkan jendela format sel.
3. Pada tab Number pilih Fraction kemudian pada panel sebelah kanan pilih sesuai dengan kebutuhan dari beberapa pilihan yang ada.

Misalnya:
Up to one digit (1/4) untuk pecahan dengan angka satu digit
Up to two digits (21/25) untuk pecahan dengan angka dua digit
Up to three digits (312/943) untuk pecahan dengan angka tiga digit dan seterusnya…


4. Klik OK
Silahkan ketik bilangan pecahan pada sel yang telah diatur dengan menggunakan fraction tadi.Dengan demikian angka pecahan tersebut dapat anda gunakan untuk melakukan perhitungan baik perkalian, penjumlahan, pengurangan, dll.

Mengunci isi sel pada Excel 2007

Mengunci cells di dalam Excel berguna untuk mengamankan data yang terdapat dalam cells tersebut agar tidak bisa diubah orang lain. Untuk mengunci data pada excel 2007, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Tentukan kolom/baris/sel mana yang ingin anda kunci
2. Tandai kolom/baris/sel tersebut
3. Pilih menu Home, kemudian klik format yang ada pada grup Cells, pilih Format Cells.
4. Pastikan menu Protection sudah ditampilkan
5. Hilangkan tanda ceklist pada kotak Locked, seperti pada gambar dibawah ini;



6. Klik OK, untuk menutup kotak dialog.
7. Pilih Protection dari dialog Protect Sheet,


8. Lalu buat password pada kotak “password to unprotect sheet”,

9. Isi kembali paswword yang sama dalam kotak confirmasi.. lalu klik OK.,



Nah sekarang sheet anda telah di proteksi dan hanya cells tertentu saja yang dapat orang lain mengisi sel tersebut.
Selamat mencoba….
Mengulang Judul Tabel Pada Excel 2007

Saat menggunakan tabel dalam membuat naskah diMicrosoft Office Excel 2007 sering tabel tersebut lebih dari satu halaman. Sementara judul yang dipakai masih seperti halaman pertama yang dibuat. Sebagian orang selalu membuat lagi judul tabel tersebut di halaman berikutnya.
Untuk mengaktifkan judul tabel pada halaman berikutnya pada Excel, Anda tidak perlu membuat lagi judul dengan membuat yang baru lagi.
Caranya adalah:
1. Buatlah tabel hingga dua halaman atau lebih.





2. Setelah tabel terbuat lebih dari dua halaman dan telah diberi nama judul, maka langkah berikutnya aktifkan ribbon Page Layout, lalu klik Print Title



3. Setelah tampil menu Page Setup, letakkan kursor pada sub menu rows to repeat at top



4. Lalu klik area judul pada tabel sehingga pada rows to repeat at top terisi dengan sel yang akan diulang pada baris judul pada halaman berikutnya



Nah sampai disini Anda telah selesai menggulang baris judul pada halaman berikutnya di Excel, tetapi tampilan baris judul tidak akan kelihatan, tetapi apabila naskah atau lembar kerja akan di print maka baris judul berikutnya secara otomatis akan ikut terprint.

Untuk mengujinya Anda dapat menggunakan print preview,


sehingga pada halaman berikutnya akan terlihat judul pada baris awal pada lembar kerja berikutnya


Selamat mencoba....

Mengubah Warna Gridlines Pada Excel 2014

Gridlines pada Microsoft Excel merupakan garis bantu pada baris dan kolom pada lembar kerja. Karena bersifat garis bantu, maka gridlines ini tidak ikut tercetak pada saat di cetak atau di print.

Garis bantu atau gridlines ini sangat bermanfaat sekali bagi user untuk bekerja di Excel, terutama saat membuat suatu tabel yang terdiri dari banyak kolom dan baris. Dengan adanya garis bantu atau gridlines tersebut user akan lebih mudah mengatur lebar kolom ataupun tinggi suatu baris di dalam sebuah tabel.

Nah agar pekerjaan yang dibuat di lembar kerja lebih berfariatif dan tidak membosankan, kali ini kita coba mengganti warna gridlines, yang biasanya hanya warna abu-abu.

Untuk menganti warna garis bantu atau gridlines pada lembar kerja di Excel 2014 dapat diikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Klik File lalu klik Options (pada Excel 2007 klik Office button [terletak pada pojok kiri atas] kemudian pilih Excel options).
2. Klik Advanced pada jendela yang muncul dan pada panel sebelah kanan scroll kebawah hingga sampai pada pengaturan Display options for this worksheetkemudian klik tool pada Gridline color mengganti warna yang diinginkan

3. Lalu pilih warna yang Anda sukai

4. Klik OK

 Gridlines standar pada Excel

Maka gridlines layar kerja Ms Excel anda sudah menjadi warna pilihan yang dipilih contohnya warna merah.
Mengubah File Excel Versi Lama ke Excel 2007 dan 2014

Microsoft Office Excel 2007 bisa membuka workbook dari Excel versi 2003 dan sebelumnya dalam Compatibility Mode, mode ini akan aktif dimana fitur-fitur pada Excel 2007 yang tidak sesuai dengan versi sebelumnya tidak dapat digunakan dan ini disebabkan karena file versi lama menggunakan ekstensi file .xls, sedangkan versi Excel 2007 dan Excel 2010 menggunakan ekstensi file .xlsx.

Salah satu keuntungan mengubah ke versi baru disebabkan karena file dengan ekstensi .xlsx atau versi baru akan lebih ringan dalam beban filenya. Namun jika ingin menggunakan beberapa fitur baru anda harus mengubahnya ke format yang baru dan Anda tidak perlu membuka file lama dengan menyimpan lagi dengan metode Save As.

Untuk mengubah workbook Excel lama ke Excel 2007 caranya:
1. Perhatikan bahwa pada waktu membuka worksheet dari Excel versi 2003 dan sebelumnya Anda akan melihat (Compatibility Mode) pada bar judul.





2. Lalu klik Microsoft Office Button kemudian klik Convert.


3. Excel akan menampilkan kotak dialog yang memberitahukan bahwa workbook akan diubah ke format yang baru dan workbook yang asli akan dihapus. Lalu klikOk


4. Setelah diubah, excel akan menampilkan kotak dialog yang melakukan secara otomatis.




5. Lalu klik Ok. dan klik Save.

Sekarang file tidak ada lagi tulisan Compatibility Mode pada bar judul dan ekstensi yang dulunya .xls berubah menjadi ekstensi .xlsx. Setelah anda melakukan perubahan atau mengkonversi ke file baru yang berekstensi .xlsx, maka file ini juga tidak bisa lagi dibuka dengan versi excel 97 - 2003.
Sebagai contoh perbandingan beban file.
Disini diujikan bahwa file Simpanan Wajib yang berekstensi “Simpanan Wajib.xls” yaitu file lama mempunyai beban 473 KB, setelah di convert ke file baru yang berekstensi “Simpanan Wajib.xlsx” menjadi berukuran 220 KB.
 

beban file lama sebelum di convert

beban file baru setelah di convert
Catatan:

Untuk mengubah dari file Excel versi 2003 dan sebelumnya ke Excel 2010 ada mengalami sedikit perbedaan dibanding dengan Excel 2007. Perbedaan itu terletak pada perintah Convert. Jika Excel 2007 pada perintah nomor 2 diatas menggunakan menu Microsoft Office Buton lalu Convert, maka dalam Excel 2010 menggunakan menu File lalu Info lalu Convert dan perintah berikutnya sama.



Semoga bermanfaat...
Mengubah Data Kolom Menjadi Baris Pada Ms. Excel

Dalam membuat data, kadang setelah data dibuat kita baru sadar bahwa sebenarnya lebih pas kalau format tabelnya sebaiknya dirubah. Kolom dirubah menjadi baris atau sebaliknya baris dirubah menjadi kolom.
Untuk melakukan hal tersebut kita tidak perlu melakukannya secara manual, yaitu menindah data satu persatu, karena sudah ada fasilitas dalam excel untuk merubah kolom menjadi baris atau merubah baris menjadi kolom.
Agar kolom bisa dirubah menjadi baris secara otomatis bisa diikuti caranya dibawah ini :
1. Blok data yang mau dirubah formatnya kemudian klik copy atau tekan Ctrl + C
2. Klik pada cell kosong tempat data mau diletakkan.
3. Klik pada scroll down ( segitiga hitam kecil) dibawah tombol paste atau pilih paste special
4. Klik Transpose (Klik OK)



untuk yang memakai Ms. Excel 2010 ceklist Transpose: 


Maka data dari baris akan menjadi data kolom: 


Selesai, sekarang kolom sudah menjadi baris atau baris menjadi kolom. Selamat mecoba...



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Apycom jQuery Menus