Motif Sayap Kupu-kupu (Borisfly)


1.    Sekarang kita akan memberi gambar motif pada sayap kupu-kupu. Dengan Bezier Tool, Ellipse Tool, buatlah gambar motif sayap, persisi diatas sayap berikut ini

 




2.    Atur hairline garis tepi pada posisi none sebagian objek hingga garis tepi objek tidak kelihatan. Kemudian mulailah untuk mewarnai objek yang lain seperti warna biru dan coklat.

 


3.    Akifkan Pick Tool, pilih semua motif sayap. Catatan : tekan Shift di keyboard untuk menambah / mengurangi objek dipilih.



4.    Untuk memasukkan motif sayap ke sayap, klik menu Effect à Powerclip àPlace Inside Container, lalu klik sayap.





5.    Kadang hasilnya tidak tepat posisinya. Untuk mengatur secara manual klik kanan sayap tersebut, klik menu Edit Contents, kini anda dapat memperbaiki motif sayap kembali.

 



6.    Kadang juga objek menimpa objek lain. Untuk merubah posisi agar tidak tertimpa objek lain. Aktif objek yang tertimpa (ellipse), klik menu Arrange à Order To Front (shift+PageUp)



 


7.    Atur warna outline menjadi putih pada garis –garis lengkung pada sayap, dengan mengklik sudut kanan bawah disebelah Black hairline yaitu outline colour yang telah dilingkari pada gambar.

 



8.    Motif sayap beres, kini kembali ke mous normal. Klik kanan salah satu objek, lalu klik menu Finish Editing This Travel.




9.       Agar ada kesan jarak antara background dan objek sayap, salah satu solusi dengan bayangan. Aktifkan sayap kupu-kupu, klik Drop shadow Tool, lalu drag keluar objek sebagai berikut. Atur Property bar untuk pengaturan labih lengkap.

 


Antena Kupu-kupu

1.    Dengan Bezier Tool anda tentu sudah mampu membuat garis melengkung lalu klik Outline tool atau F12, untuk menampilkan kotak dialog Outline. Lalu atur tebal garis = 0.5 mm, Ujung akhir garis bulat dan Calligraphy dengan ujung pena (Nib Shape) sebagai berikut:


2.    Dengan pengetahuan sebelumnya tentang Bezier Tool, Ellipse, Mirror, anda dapat membuat kupu-kupu lebih lengkap seperti gambar berikut. Agar semua objek kupu-kupu terikat menjadi satu gunakan menu Arrange à Group (Ctrl+G) kemudian lakukan copy menjadi 3 dangan menekan Ctrl+D. Agar kupu-kupu lebih variatif warnanya, aktifkan salah satu kupu-kupu tersebut, klik menu Effect à Color Adjustment à Hue - Staturation – Lightness. Anda dapat bereskperimen warna secara realtime jangan lupa menekan tombol Preview.


Setengah Lingkaran
1.    Dengan Ellipse tool buat bentuk sebagai berikut:


2.    Dengan Shape tool, ellipse dapat dibuat menjadi setengah lingkaran sbb:


Catatan: Hati-hati, jika anda drag diluar lingkaran, maka yang tampil hanya outline saja sebagai berikut:


Teks Gaya Bebas

3.    Dengan Text tool, buatlah tulisan misal sebagai berikut :


4.    Dengan Shape Tool, anda dapat merubah spasi antar huruf dll. Untuk merubah tulisan ‘fly’ menjadi italics, pilih titik pada huruf ‘f’, ‘l’, dan ‘y’, lalu klik icon italics di property bar.




5.    Hasil jadinya seperti ini selamat mencoba.






















  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Apycom jQuery Menus