Tips Trik Microsoft Powerpoint Lainnya


Mencetak Hasil Presentasi dengan Handouts

Saat Anda menyampaikan sebuah presentasi pada sebuah seminar, diskusi panel atau workshop, peserta juga ingin Anda berikan atau memiliki catatan mengenai materi yang Anda sampaikan.
Sehingga peserta bisa menghemat waktu untuk memberikan catatan kecil terhadap beberapa point-point penting dari materi presentasi Anda, karena pada bagian dari catatan materi tersebut sudah terdapat materi-materi presentasi Anda tinggal peserta memberikan tambahan catatan dari apa yang Anda tambahkan dengan ungkapan atau kata yang menjelaskan isi materi presentasi Anda.
Tips berikut ini cara mencetak handouts langsung dari Powerpoint 2014, sebagai berikut:
1. Buka file presentasi Anda.
2. Klik riboon File lalu klik Print
3. Muncul kotak dialog Print, tentukan jenis print yang Anda gunakan

4. Pada kolom Print Layout, pilih Handouts dan pilih banyaknya slide yang diprint pada satu halaman kertas (pilih angka 3, jika Anda ingin memberikan ruang bagi peserta menuliskan catatan penting)
5. Pilih warnanya menjadi Grayscale, jika Anda ingin mencetak dengan tidak berwarna
6. Lalu pilih Print.

Catatan: Untuk mencetak dokumen baik pada Word, Excel maupun PowerPoint, petunjuk maupun layout halaman cetak memang agak sedikit berbeda apabila Anda menggunakan Office 2007, karena pada Office 2014 disediakan ribbon File, sebagai pengganti Office Button.


Mengekspor Hasil Power Point ke Word


Jika Anda ingin mencetak materi Powerpoint yang akan Anda sajikan ke dalam aplikasi Microsoft Word sebagai catatan mengenai materi yang Anda sampaikan kepada peserta, Anda juga dapat mencetaknya melalui Word.
Caranya mempublikasikan hasil presentasi ke Word adalah:
1. Buka file presentasi Anda, jika hasil desain presentasi Anda mau diubah ke warna hitam putih silahkan ubah dulu ke dalam bentuk Grayscale.
2. Kemudian klik File lalu pilih Save & Send
3. Lalu pilih Create Handouts dan dilanjutkan kesebelah kanan klik Create Handouts

4. Kemudian muncul kotak dialog Send To Microsoft Word, silahkan beri tanda pada salah satu dari 5 pilihan layout yang telah disediakan


5. Akhiri dengan klik Ok

6. Selesai, tunggu beberapa saat sampai proses publikasi ke word selesai dan silahkan Anda edit seperti biasa Anda lakukan untuk mengedit di Word
.

Hasil dokumen Presentasi yang telah dipublikasi ke Word


Cara Menghilangkan End Show di Akhir Presentasi

Saat Anda sedang presentasi dengan Power Point, pada bagian akhir presentasi muncul slide terakhir berwarna hitam dengan tulisan di bagian atas end of slide show, click to exit.
Tentunya hal kecil tersebut bisa jadi mengganggu karena Anda tidak pernah memasangnya. Sebenarnya hal seperti ini dapat di hilangkan karena sebenarnya ini adalah setting standar dari Microsoft Office Powerpoint
Cara menghilangkan end show pada PowerPoint 2014, Anda dapat mengikuti langkah berikut:
1. Klik File lalu klik Options
2. Setelah muncul kotak dialog PowerPoint Options klik Advanced
3. Lalu pada bagian slide show disebelah kanan buang tanda ceklist pada End with black slide



4. Lalu klik Ok.

Nah sekarang setelah Anda presentasi dengan PowerPoint maka tanda seperti gambar dibawah ini tidak akan muncul lagi


Untuk Anda yang memakai PowerPoint 2007
1. Klik Office Button, lalu klik Powerpoint Options di bagian bawah,
2. Kemudian klik Advanced,
3. Lalu pada bagian slide show disebelah kanan buang tanda ceklist pada End with black slide
4. Lalu klik Ok
Selesai dan silahkan Anda tekan F5 untuk memulai presentasi dengan PowerPoint dan lihat hasilnya pada akhir slide.
Mengubah File Powerpoint ke Flash Movie (SWF)

ISpring Presenter merupakan salah satu tool yang mengubah file presentasi yang kompatibel dengan Power Point untuk menjadikan bentuk flash. Perangkat lunak Ispring tersedia dalam versi free (gratis) dan pro (berbayar).
Ispring Presenter secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft Power Point sehingga Anda tidak membutuhkan keahlian khusus. Beberapa fitur Ispring Presenter adalah:
  1. iSpring Presenter bekerja sebagai add-ins PowerPoint, untuk menjadikan file PowerPoint lebih menarik dan interaktif berbasis Flash dan dapat dibuka di hampir setiap komputer atau platform. 
  2. Dikembangkan untuk mendukung e-learning. iSpring Presenter dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video presenter, menambahkan Flash dan video YouTube, mengimpor atau merekam audio, menambahkan informasi pembuat presentasi dan logo perusahaan, serta membuat navigasi dan desain yang unik (pro).
  3. Mudah didistribusikan dalam format flash, yang dapat digunakan dimanapun dan dioptimalkan untuk web.
  4. Membuat kuis dengan berbagai jenis pertanyaan/soal yaitu: True/False, Multiple Choice, Multiple response, Type In, Matching, Sequence, numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text (pro).
contoh menu Ispring Free


 Contoh menu Ispring Pro

Menggunaan iSpring dalam aplikasi Power Point:
1. Anda harus menginstall program iSppring, aplikasi ini dapat di download secara gratis dengan kisaran file 24 Mb di http://www.ispringfree.com/download.html.

2. Buka file presentasi Anda yang telah dibuat di Power Point, jika animasi Anda ingin dijalankan dengan automatis (tanpa menggunakan klik atau enter) maka sebaiknya pada efek animasinya (start) tidak menggunakan on click tetapi lebih disarankan memakai efek animasi-start : after previous, sehingga presentasi dapat berjalan sendiri tanda di enter atau di klik.

3. Pastikan bahwa slide animasi yang akan diubah sudah final sesuai keinginan Anda dengan cara jalankan (slide show atau tekan F5).

4. Jika Anda menggunakan versi 2014, maka pilih iSpring (pada addres bar) lalu klik Publish, maka muncul kotak dialog
  • Presentation title = silahkan ganti nama file yang Anda inginkan)
  • Slide range = klik All slides untuk di Publish
  • Options = jangan beri tanda cecklist.


5. Lalu klik Publish dan tunggu beberapa saat, maka file Anda sudah jadi Flash dan secara otomatis akan dimainkan di Movie Flash,

6. Langkah-langkah di atas adalah bagaimana kita mengubah animasi dalam bentuk PowerPoint lalu diubah menjadi Flash Movie (SWF), pada langkah berikut ini, kita akan menampilkan file atau animasi yang telah diubah menjadi Flash Movie (SWF) dari halaman slide PowerPoint.


Download Template Power Point Yang Cantik

Penggunaan template PowerPoint yang bagus dan sesuai dengan tema serta isi materi yang disajikan akan menambah daya tarik pada presentasi yang disampaikan.
Sehingga dengan menggunakan template yang bukan bawaan dari Microsoft Power Point maka presentasi Anda akan lain dari pada orang kebanyakan. Hal ini juga menghindari dari kesamaan template pada penyajian suatu presentasi pada acara yang sama, apalagi jika Anda dapat bagian untuk menampilkan presentasi bagian akhir.
Bagi Anda yang sering menyajikan materi melalui Power Point, berikut ini adalah kumpulan template PowerPoint dari Indezine.com, dengan berbagai tema dan yang tentu saja dapat didownload secara gratis.








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Apycom jQuery Menus