Cara
merubah ukuran menjadi cm
Sebelum menggambar, atur ukuran
gambar dalam satuan centimeter. Doubel
klik di ruler / penggaris (dengan satuan inches).
Akan ada tampilan kotak dialog option, lalu atur sebagai berikut.
Cara
membuat lingkaran dengan cm
Dengan demikian anda kini dapat
membuat lingkaran berdiameter 12 cm dengan elipse
tool, dan pengaturan presisi di Property
Bar
Cara
menggunakan Mesh Fill Tool
Untuk Contoh kita membuat lingkaran
elips dengan Ellipse tool, setelah jadi kita lanjutkan dengan klik Mesh Fill tool, maka akan tampil
jaring-jaring sebagai berikut.
Pilih semua titik control (control point) tersebut, lalu klik warna
(misal) biru, agar lingkaran hanya berisi warna biru.
Untuk memberi kesan gradasi warna,
klik di beberapa titik contol (control
point) sesuka anda, lalu pilih misal warna putih, sehingga tampil warna
warni secara bebas.
Cara
menggunakan weld
Dengan menggunakan weld kita bisa
membuat contoh awan, yaitu gabungan beberapa lingkaran anda dapat membuat
gambar awan. Dengan Ellips tool buat
lingkaran-lingkaran sebagai berikut kemudian diblock atau dirange seluruhnya.
Lalu klik menu Arrange à Shaping à Weld, akan tampil panel weld. Pilih matikan semua
checklist di panel shaping, Pilih semua lingkaran tersebut, klik tombol Weld to...., lalu klik di salah satu
lingkaran, maka kini objek telah tergabung menjadi satu.
Catatan:
Weld adalah fasilitas untuk menggabungkan beberapa objek menjadi
satu objek secara permanen sehingga tidak dapat dikembalikan ke bentuk semula.
Berbeda dengan group yang hanya mengikat objek-objek dan dapa dipisahkan
kembali seperti semula.
Cara
menghilangkan garis tepi / outline
Klik objek yang akan dihilangkan
outlinenya seperti contoh objek awan lalu klik
warna putih, kemudian cari property bar Outline
Style Selector cari tanda (X) untuk mengurangi kesan ‘kartun’ dan lebih
realistis, lebih baik outline dihilangkan.
Catatan: Dalam dunia nyata garis garis outline tidaklah ada, yang
ada adalah garis semu yang terlihat karena ada perbedaan antara 2 bidang atau
perbedaan jarak pandang. Meskipun sehelai rambut dianggap sebuah garis, namun
jika dilihat dengan mikroskop akan terlihat bagian-bagian dan objek yang lebih
rumit lagi.
Cara
menggunakan interactive transparancy tool/lens
Untuk merubah agar lebih transparan,
klik objek seperti contoh awan kemudian lanjutkan dengan mengklik Interactive Transparancy Tool / Lens.
Di property bar atur parameternya menjadi Uniform 50% sbb:
Catatan: Jika anda terlalu banyak objek dengan Transparancy/lens
akan memberatkan komputer anda, menghasilkan warna yang salah saat di print dan
file tidak bisa dibuka. Karena Transparancy adalah fasilitas yang biasa dipakai
software pengelolah bitmap seperti Photoshop dan Corelpaint.
Cara
menggunakan mirror dan copy
Pilih objek yang akan di mirror
kemudian klik di property bar Mirror
Button untuk pengaturan agar objek bisa kearah berlawanan.
Untuk
memperbanyak objek gunakan cara antara lain:
Catatan :
Mengcopy
objek dapat dengan beberapa cara antara lain :
·
Tombol “+”
di keyboard/keypad
·
Duplicate : Ctrl + D
·
Copy & Paste : Ctrl + C lalu Ctrl + V
·
Drag objek lalu klik kanan mouse
Cara mudah
adalah Drag objek lalu klik kanan.
|
Cara
menggunakan bazier tool dan shape tool dan menghapus bazier tool
Aktifkan Bezier Tool, klik untuk
memulai menggambar garis lurus.
Catatan: Klik = untuk membuat garis
lurus, drag = untuk membuat garis melengkung. Ikuti seperti gambar berikut ini
sampai menjadi kurva tertutup :
Hapus bagian yang berlebihan dengan
mengaktifkan Shape tool lalu
mengklik bagian mana yang akan dihapus kemudian tekan DEL pada keyboard/keypad
Setelah menjadi kurva tertutup, anda
dapat merapikan garis lengkung dengan Shape
tool, atur contol Bezier jangan lupa mengklik Make Node A Cusp dan node sebagai berikut :
Cara
mengaktifkan fasilitas menu bitmap :
3D Effect, Blur, Distort dll
Untuk Contoh pilih objek yang akan
di beri blur atau distort seperti sayap kupu-kupu lalu ceklist seperti gambar
dibawah.
Kemudian lanjutkan dengan membuka
menu Bitmap à Blur à Gaussian Blur Kemudian Setting
Radiusnya lalu Preview.
Cara Mewarnai Suatu Objek atau gambar
Memang agak kesulitan bukan, ketika anda
membuat gambar atau objek lalu mewarnainya kemudian tidak bisa bahkan berulang
kali melakukannya. Mungkin keterbatasan ilmu belajar secara otodidak tanpa
petunjuk dari buku atau yang lainnya. Kali ini penulis akan mengupas bagaimana
mewarnai sebuah objek dengan warna dasar.
Langkah-langkah :
11.
Buatlah sebuah motif gambar atau objek berbentuk
apa saja seperti dibawah ini.
12.
Kemudian lakukan
peng Copian dengan menekan CTRL + D
3. Gabungkan masing – masing Beezier Tool menjadi
satu hingga kotak-kotak node menyatu pada tanda lingkaran merah
14.
Lanjutkan dengan memblok seluruh hasil Beezier
Tool kemudian klik Shape Tool perbaiki Beezier Tool yang belum menyatu hingga
node bersatu kemudian pilih Menu Arrange
à Shapping à
Weld.
15.
Setelah melakukan proses Weld akan terlihat kotak-kotak node pada tanda lingkaran merah.
16.
Satukan kembali kotak-kotak node-node tersebut
hingga menyatu pada garis-garis Beezier Tool.
17.
Setelah kotak-kotak node yang lain sudah anda
satukan hingga tersisa satu kotak node besar seperti tanda pada lingkaran
merah. Lanjutkan mengklik palet warna disebelah kanan anda sesuai yang anda
inginkan.
18.
Selamat mencoba..!!!
0 komentar:
Posting Komentar