Teknik Dasar Coreldraw


Cara merubah ukuran menjadi cm
Sebelum menggambar, atur ukuran gambar dalam satuan centimeter. Doubel klik di ruler / penggaris (dengan satuan inches).
Akan ada tampilan kotak dialog option, lalu atur sebagai berikut.

Cara membuat lingkaran dengan cm
Dengan demikian anda kini dapat membuat lingkaran berdiameter 12 cm dengan elipse tool, dan pengaturan presisi di Property Bar


Cara menggunakan Mesh Fill Tool
Untuk Contoh kita membuat lingkaran elips dengan Ellipse tool, setelah jadi kita lanjutkan dengan klik Mesh Fill tool, maka akan tampil jaring-jaring sebagai berikut.


Pilih semua titik control (control point) tersebut, lalu klik warna (misal) biru, agar lingkaran hanya berisi warna biru.


Untuk memberi kesan gradasi warna, klik di beberapa titik contol (control point) sesuka anda, lalu pilih misal warna putih, sehingga tampil warna warni secara bebas.








Cara menggunakan weld
Dengan menggunakan weld kita bisa membuat contoh awan, yaitu gabungan beberapa lingkaran anda dapat membuat gambar awan. Dengan Ellips tool buat lingkaran-lingkaran sebagai berikut kemudian diblock atau dirange seluruhnya.



Lalu klik menu Arrange à Shaping  à Weld,  akan tampil panel weld. Pilih matikan semua checklist di panel shaping, Pilih semua lingkaran tersebut, klik tombol Weld to...., lalu klik di salah satu lingkaran, maka kini objek telah tergabung menjadi satu.






Catatan:
Weld adalah fasilitas untuk menggabungkan beberapa objek menjadi satu objek secara permanen sehingga tidak dapat dikembalikan ke bentuk semula. Berbeda dengan group yang hanya mengikat objek-objek dan dapa dipisahkan kembali seperti semula.


Cara menghilangkan garis tepi / outline
Klik objek yang akan dihilangkan outlinenya seperti contoh objek awan lalu klik warna putih, kemudian cari property bar Outline Style Selector cari tanda (X) untuk mengurangi kesan ‘kartun’ dan lebih realistis, lebih baik outline dihilangkan.




Catatan: Dalam dunia nyata garis garis outline tidaklah ada, yang ada adalah garis semu yang terlihat karena ada perbedaan antara 2 bidang atau perbedaan jarak pandang. Meskipun sehelai rambut dianggap sebuah garis, namun jika dilihat dengan mikroskop akan terlihat bagian-bagian dan objek yang lebih rumit lagi.




Cara menggunakan interactive transparancy tool/lens
Untuk merubah agar lebih transparan, klik objek seperti contoh awan kemudian lanjutkan dengan mengklik Interactive Transparancy Tool / Lens. Di property bar atur parameternya menjadi Uniform 50% sbb:  

 


Catatan: Jika anda terlalu banyak objek dengan Transparancy/lens akan memberatkan komputer anda, menghasilkan warna yang salah saat di print dan file tidak bisa dibuka. Karena Transparancy adalah fasilitas yang biasa dipakai software pengelolah bitmap seperti Photoshop dan Corelpaint.

            
Cara menggunakan mirror dan copy

Pilih objek yang akan di mirror kemudian klik di property bar Mirror Button untuk pengaturan agar objek bisa kearah berlawanan.





Untuk memperbanyak objek gunakan cara antara lain:
Catatan :
Mengcopy objek dapat dengan beberapa cara antara lain :
·         Tombol “+” di keyboard/keypad
·         Duplicate : Ctrl + D
·         Copy & Paste : Ctrl + C lalu Ctrl + V
·         Drag objek lalu klik kanan mouse
Cara mudah adalah Drag objek lalu klik kanan.


Cara menggunakan bazier tool dan shape tool dan menghapus bazier tool
Aktifkan Bezier Tool, klik untuk memulai menggambar garis lurus.
Catatan: Klik = untuk membuat garis lurus, drag = untuk membuat garis melengkung. Ikuti seperti gambar berikut ini sampai menjadi kurva tertutup :

 


Hapus bagian yang berlebihan dengan mengaktifkan Shape tool lalu mengklik bagian mana yang akan dihapus kemudian tekan DEL pada keyboard/keypad


 



Setelah menjadi kurva tertutup, anda dapat merapikan garis lengkung dengan Shape tool, atur contol Bezier jangan lupa mengklik Make Node A Cusp dan node sebagai berikut :



Cara mengaktifkan fasilitas menu bitmap : 3D Effect, Blur, Distort dll
Untuk Contoh pilih objek yang akan di beri blur atau distort seperti sayap kupu-kupu lalu ceklist seperti gambar dibawah.


Kemudian lanjutkan dengan membuka menu Bitmap à Blur à Gaussian Blur Kemudian Setting Radiusnya lalu Preview.

 




Cara Mewarnai Suatu Objek atau gambar
Memang agak kesulitan bukan, ketika anda membuat gambar atau objek lalu mewarnainya kemudian tidak bisa bahkan berulang kali melakukannya. Mungkin keterbatasan ilmu belajar secara otodidak tanpa petunjuk dari buku atau yang lainnya. Kali ini penulis akan mengupas bagaimana mewarnai sebuah objek dengan warna dasar.

Langkah-langkah :
11.       Buatlah sebuah motif gambar atau objek berbentuk apa saja seperti dibawah ini.


12.       Kemudian lakukan peng Copian dengan menekan CTRL + D 



3.    Gabungkan masing – masing Beezier Tool menjadi satu hingga kotak-kotak node menyatu pada tanda lingkaran merah




14.       Lanjutkan dengan memblok seluruh hasil Beezier Tool kemudian klik Shape Tool perbaiki Beezier Tool yang belum menyatu hingga node bersatu kemudian pilih Menu Arrange à Shapping à Weld.



15.       Setelah melakukan proses Weld akan terlihat kotak-kotak node pada tanda lingkaran merah.




16.       Satukan kembali kotak-kotak node-node tersebut hingga menyatu pada garis-garis Beezier Tool.



17.       Setelah kotak-kotak node yang lain sudah anda satukan hingga tersisa satu kotak node besar seperti tanda pada lingkaran merah. Lanjutkan mengklik palet warna disebelah kanan anda sesuai yang anda inginkan.



18.       Selamat mencoba..!!!


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Apycom jQuery Menus